ARTICLE UPDATE

Leonardo DiCaprio Turut Menyumbang Untuk Hutan Indonesia

Sepanjang tahun 2015 hutan Indonesia mengalami bencana kebakaran hutan yang mengakibatkan hilangnya beberapa hektar yang ada pada hutan Sumatera, di Indonesia kebakaran hutan hampir terjadi setiap tahun. Menurut Harry Purnomo, peneliti Center for International Forestry Research (CIFOR) yang dilansir dari BBC Indonesia kebakaran hutan ini termasuk kejahatan terorganisir, yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu.

Lahan-lahan yang telah dibakar mempunyai nilai ekonomi per hektar yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya, Kenaikan nilai ekonomi dari lahan inilah yang membuat ‘aktor-aktor’ yang diuntungkan berupaya agar kebakaran hutan dan lahan terjadi terus-menerus

Berangkat dari masalah tersebut Aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio dalam forum tahunan World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos, Swiss, mengkritik keserakahan sektor korporasi yang berujung pada rusaknya alam. Ia juga menyinggung kebakaran hutan di Sumatera tahun lalu. DiCaprio menyampaikan kritiknya usai menerima Crystal Awards dari World Economic Forum (WEF).

Aktor 41 tahun yang juga mempunyai yayasan Leonardo DiCaprio Foundation, tujuannya untuk mendanai upaya-upaya penyelamatan planet dan melindungi spesies yang akan punah. Melalui yayasannya, aktor yang baru saja memenangkan piala Oscar ini juga mengumumkan sumbangan sebesar US$ 15 juta untuk program pelestarian lingkungan. Di antara program tersebut termasuk pendanaan untuk melestarikan 2,63 juta hektare hutan di Sumatera.

Nah! Dengan diadakannya TEY 10 juga diharapkan dapat membantu untuk melestarikan lingkungan, program TEY ini tidak akan berjalan jika tidak ada campur tangan dari kita generasi muda. Maka dari itu, mari ikut serta dalam melestarikan lingkungan dengan cara mengikuti lomba sains atau sosial proyek TEY kali ini yang diharapkan dapat berdampak positif pada lingkungan.

comments